Instalasi sirkulasi pada kolam renang



Bila dilihat dari sistem sirkulasnya, ada dua jenis instalasi pada kolam renang .

1. Sistem sirkulasi overflow 

Sistem ini cenderung membutuhkan lahan yang lebih luas, karena membutuhkan balancingtank Meski berbeda namun dua sistem ini punya tujuan utama yang tidak berbeda yaitu untuk membersihkan permukaan kolam dari segala macam kotoran yang tidak bisa tenggelam dan mengambang.

Sistem kerja dari sirkulasi overflaw, pertama pompa yang berasa dari balancing tank menghisap air lalu dikirim ke dalam kolam dengan cara proses filtrasi yang dilakukan dalam mesin filter. Lalu air akan masuk ke dalam kolam melewati inlet selanjutnya masuk dalam saluran yang lain sebagai penampungan. Namanya adalah gutter. Dari gutter ini air masuk lagi ke balancing tank

Pada umumnya kolam yang digunakan untuk tujuan komersil seperti Hotel, Apartemen, Sekolah ataupun Kolam renang publik lebih suka menerapkan sistem ini. Alasannya air yang terbuang jumlahnya tidak banyak bila ukuran ketinggian kolam bertambah. Penambahan ketinggian ini bisa disebabkan karena pengguna kolam yang terlalu banyak. Jika ada tambahan air dari hujan yang turun, juga bisa ditampung dalam balancing tank.

Baca lebih lengkap tentang PEMIPAAN PADA KOLAM RENANG 



2. Sistem sirkulasi skimmer Box 
Sistim ini biasanya digunakan untuk kolam renang pribadi atau dikarenakan lahan yang terbatas atau atau yang penggunanya tidak begitu banyak, prosesnya tidak membutuhkan balancing tank lagi. Air bisa dihisap secara langsung dengan pompa sirkulasi. Proses ini berlangsung di dalam kolam melewati skimmer lalu dibalikan lagi masuk ke kolam setelah melalui pompa dan Filter. Jika ada penambahan ketinggian kolam karena air hujan dan pengguna, bisa langsung dilimpahkan pada saluran pembuangan. Tapi bila terjadi pengurangan air karena penguapan, penambahan air dilakukan dari dalam kolam. Kelemahan dari sistem ini adalah air yang terbuang menjadi lebih banyak karena juga sering terjadi penambahan air di dalam kolam.

Kolam renang dengan sistem Skimmer air yang berada dikolam disalurkan lewat Pompa dan Filter melalui Skimmer box

3. Perlengkapan Sirkulasi 


Berfungsi sebagai pompa transfer untuk menyalurkan air dari balancing tank atau skimmer dan memasukannya lagi di dalam kolam. Ada beberapa jenis pompa transfer, seperti pompa centrifugal dan pompa end suction.


Digunakan sebagai mesin penyaringan dan filtrasi pada air yang mau dimasukan dalam kolam sehingga kondisinya selalu dalam keadaan yang bersih. Jenisnya juga ada dua yaitu sand filter dan catridge filter.


C. Balancing tank 
Khusus dipakai pada sistem sirkulasi overflow. Fungsi dari alat ini adalah untuk menyeimbangkan volume air. Jika hujan sedang turun, luapan air yang masuk dalam kolam ditampung oleh alat ini. Namun jika ada air yang berkurang karena penguapan, air dalam balancing tank dimasukan ke dalam kolam lagi.

Dipakai pada sistem sirkulasi skimmer. Gunanya adalah untuk titik hisap pompa sirkulasi. dengan menggunakan alat ini, kotoran yang ada di permukaan bisa terhisap sehingga kolam selalu bersih.


E. Inlet

Adalah tempat untuk memposisikan air yang masuk dan kembali ke kolam.



F. Maindrain
Dipakai untuk menguras dan membuang air kolam. Tapi untuk kolam yang memakai sistem sirkulasi overflow, maindrain dipakai juga untuk titik hisap pada pompa hias misalnya air mancur dan sebagainya.


G. Vacuum Fitting
Alat ini untuk menghisap air yang masuk pada sistim Overflow dan biasanya digunakan untuk Vacuum dalam jika sirkulasi pompanya masih normal.

H. Fipa 
Alat ini berguna untuk menyambungkan instalasi dari semua peralatan kolam renang



SUMBER /Source